Sabtu, 03 Maret 2012

Metode Belajar Yang Benar

Nah.. untuk coretan yang tidak penting ini saya akan mengajarkan metode belajar yang saya lakukan selama ini dan hasilnya pun memuaskan :)

1. Jadwal

Untuk jadwal yang saya maksud ini bukan jadwal pelajaran, tetapi jadwal belajar, setiap hari harus ada jatah belajar walaupun hanya 1 jam, setidaknya belajar daripada tidak.
Kalau saya sendiri sih sepulang sekolah pukul 2 sore saya langsung mandi makan dll. lalu belajar sampai jam 6 sore, setelah itu saya bebas untuk bermain sampai jam 9.

Dan hari bebas juga harus ada, saya bebas setiap hari sabtu dan minggu, tapi biasanya saat hari minggu malam mulai dari jam 7 sekitar habis isya' sampai jam 9 saya menyiapkan untuk pelajaran besok.

2. Rutin

Kerutinan dalam belajar ini biasanya susah diterapkan, termasuk saya juga.
Saya dulu selalu rutin belajar karena itu kemauan ibu saya, ibu saya yang membacakan buku itu untuk saya, tapi sekarang saya sudah besar dan ibu saya sudah berhenti membacakan itu. karena saya ini maniak twitter, jadi saya ingin followers saya seperti artis, itulah motivator saya untuk rutin belajar selama ini XD

3. Motivator

Hal paling penting ketiga adalah motivator! motivator ini sangat berfungsi, setidaknya ada hal yang mendorong agar anak anak mau belajar, kalau saat saya kecil dulu biasanya saya akan diberi uang saku lebih banyak jika saya mau belajar, ya seperti itulah modelnya.

4. Menjawab Soal

Ini adalah metode belajar saya setelah saya membaca, setelah saya membaca biasanya saya selalu mengerjakan soalnya sekaligus, ini sangat berfungsi untuk saya, karena apa? saat semua anak susah mengerjakan soalnya disekolah, saya sudah selesai mengerjakannya dirumah, jadi saya akan santai bila disekolah.

5. Mendahului Guru

Ini adalah cara kelima, melebihi guru juga termasuk metode belajar saya, setidaknya melebihi 1 bab saja, kalau dulu saya SD kelas 3 dan 4, saya melebihi pelajaran hampir 1 tahun, jadi saat yang lain belajar bab kelas 3, saya sudah belajar bab kelas 4, ini terbukti berhasil karena saya bisa masuk akselerasi atau percepatan kelas, saat tengah tengah semester 1 kelas 4 saya sudah masuk kelas 5 dan saya mendapat ranking 2 yang jaraknya dengan si ranking satu hanya sebatas komanya saja.


Hehe.. itulah metode yang saya gunakan selama ini, itupun saya pelajari dari ibu saya tercinta XD
Oke~ sampai jumpa dipostingan lain^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar